Social Icons

Pages

Selasa, 10 Juni 2014

Musik


  • Musik Musik
Musik adalah suara tertentu. Sepertinya itu saja pengertiannya menurut sayah, untuk pengertian lengkapnya silakan sobat kembangkan sendiri. Namun yang jelas, yang namanya musik pastilah sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang sulit untuk dipisahkan...

Musik itu berasal dari suara, tapi suara itu belum tentu musik, itulah maksud pengertian di atas. Sebenarnya musik sudah ada sejak jaman manusia purba atau sebelum masehi. Kesimpulan ini diambil berdasarkan temuan-temuan para arkeolog. Karena yang ditemukan hanya berupa benda/alat musiknya saja, maka tidak ada yang bisa menggambarkan jenis musik seperti apa yang ada pada jaman itu. Barangkali sobat ada yang tahu? silakan konsultasikan pada pihak yang berwajib.


Musik Dalam Game

Musik adalah salah satu elemen terpenting dalam sebuah game. Kebanyakan musik dalam game hanya berupa instrumen atau backsound, namun bukan sembarang instrumen yang bunyinya ga jelas kayak "tat...tit...tut..tat..tit...tut" atau "ngak...ngek...ngok", tapi benar-benar bisa mengubah permainan itu menjadi megah, seru dan lebih berkarakter. Oleh karena itu kebanyakan bagian pembuatan musik ini dibuat independen atau berdiri sendiri, khususnya pada game-game bergenre RPG. 

Istilah orang-orang yang membuat musik ini adalah komposer. Contoh beberapa komposer terkenal pembuat musik game diantaranya Nobuo Uematsu, Kenji Ito, dan Yoko Shimomura, mereka telah menyumbangkan instrumen-instrumen menarik untuk belantika game di dunia ini, terutama pada game final fantasy series, dan fakta yang paling mengejutkan adalah bahwa ternyata mereka semua sama sekali tidak mengenal sayah.

Dilihat dari kelompok tangga nadanya, musik dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya ada yang bertangga nada mayor dan juga minor. Tak perlu dijelaksan secara teknis, sobat bisa membedakannya dari nuansa yang ditimbulkan. Pada musik yang bertangga nada mayor akan menimbulkan nuansa  megah, bebas, semangat, dinamis, luas, bahagia, gembira, romantis, dll. Sedangkan musik yang bertangga nada minor akan menimbulkan nuansa sendu, tertutup, sedih, mencekam, menyakitkan, pokoknya yang barbau-bau galau. Untuk sobat yang ingin lebih mengetahui secara taknis tentang tangga nada mayor dan minor bisa lihat disini.
Dalam game-game MMORPG penggunaan musik mayor dan minor pun disesuaikan dengan gamenya. Musik bertangga nada mayor lebih cocok untuk game-game yang imut atau chibi seperti Luna, Seal, Canaan, Harvest Moon dll, atau yang berlatar dunia terang. Sedangkan untuk musik bertangga nada minor lebih sering digunakan pada game-game yang lebih serius atau berlatar dunia gelap. Tapi tidak menutup kemungkinan di beberapa kondisi atau tempat tertentu ada juga unsur musik kebalikannya.

Mungkin sobat pernah mendengar istilah-istilah seperti Soundtrack, OST, Theme Song, Backsound dan lain sebagainya. Istilah-istilah tersebut pada umumnya digunakan pada dunia perfilman, tapi istilah ini juga terdapat dalam dunia game, walaupun tidak semuanya. Sayah akan menjelaskan sekilas tentang istilah-istilah di atas agar sobat dapat membedakannya.

Soundtrack dan OST sebenarnya sama, OST itu singkatan dari Original SoundTrack. Begitu juga dengan Theme Song dan Backsound adalah sesuatu hal yang serupa, hanya perbedaan pada letak penggunaanya saja. Sekarang yang jadi pertanyaan adalah apa itu Soundtrack/OST dan apa itu Theme Song/Backsound?
Karena pertanyaan di atas terlalu umum dan kurang berhubungan dengan game, maka sobat bisa melihatnya disini.

Sayah akan menjelaskan hal yang lebih khusus dan mengacu pada musik dan suara yang berhubungan dengan game seperti OST, BGM dan SFX. Untuk OST tadi sudah dijelaskan di atas, berikutnya adalah BGM dan SFX.

BGM (BackGround Music)

Sayah tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang ini karena durasi terbatas. Jadi langsung saja pada intinya, BGM atau Background Music adalah audio dalam game yang berupa musik atau instrumen yang mengiringi jalannya permainan, guna menguatkan/menghidupkan suasana dan nuansa dalam game agar menambahkan karakteristik dan menimbulkan kesan tertentu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa musik bisa menimbulkan kesan, bisa sedih, mencekam, semangat, bahagia dsb.

SFX (Sound Effects)

SFX/Sound Effects/Special Effect adalah berbagai jenis suara yang ditimbulkan dari semua aspek action di dalam game, guna menguatkan/menghidupkan suasana dan nuansa dalam game agar menambahkan karakteristik dan menimbulkan kesan tertentu. Seperti "ehm"=batuk, "dut"=kentut dsb. Namun yang sayah herankan adalah SFX itu sendiri huruf "X"-nya ini mengacu kepada apa, ada yang mengatakan SFX singkatan dari Sorround Function eXperience. Sayah tidak mengatakan ini akurat, tapi memang ada beberapa komunitas menyebutnya seperti itu.

Seorang Audio Komposer tidak sembarangan dalam mengkombinasikan BGM dan SFX ini. Ada banyak hal yang harus diperhitungkan dalam mendefault sebuah audio dalam game. Ada yang lebih menonjolkan SFX, atau sebaliknya, dan ada juga yang sama rata antara BGM dan SFX-nya. Semuanya tergantung dari jenis dan genre gamenya, misalnya game horor atau perang akan lebih menonjolkan SFX daripada BGM-nya, seperti saat karakter berjalan atau membuka pintu dalam game horor dan suara bom atau senjata api pada game perang. Kebanyakan pada game-game RPG lebih pada setelan sama rata antara BGM dan SFX-nya.

Bukan hanya game yang menggunakan BGM tapi sayah juga sering menggunakan BGM dalam game ini untuk menikmati keseharian sayah, seperti saat bersantai atau sedang berkreasi dan bekerja keras. Berikut sayah bagikan beberapa BGM dari game yang biasa saya dengarkan. Sangat nikmat dan menghidupkan suasana pokoknya, coba sobat dengarkan deh. Berikut link downloadnya:
1 file terdiri dari 5 BGM (2-legend of mana, 3-Granado Espada)


Musik Dalam Kehidupan

Musik memiliki latar belakang, tujuan dan jenisnya masing-masing. Setiap orang yang mendengarkan juga memiliki kesukaan atau favorit masing-masing. Ada bermacam-macam alasan atau faktor yang membuat seseorang menyukai musik tertentu, dan yang paling mempengaruhi adalah faktor genre, lirik dan juga irama. Faktor inilah yang kemudian berpengaruh pada kehidupan itu sendiri, terutama pada karakteristik seseorang. Berikut ini sayah jelaskan secara singkat tentang pengaruh 3 faktor tersebut hubungannya dengan kehidupan.

1. Faktor Genre

Genre atau aliran musik adalah pengelompokan jenis musik berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, lebih jelasnya bisa lihat disini. Biasanya orang yang hanya menyukai musik dengan genre tertentu akan memiliki karakter yang berbeda dengan orang-orang pada umumnya. Orang-orang seperti ini bisa dibilang idealis karena memang benar-benar fanatik pada aliran musik kesukaanya, hal ini kemudian mengakibatkan karakternya akan lebih kuat dari orang-orang pada umumnya. Ini bukan terjadi secara kebetulan, tapi memang sudah diteliti sejak tahun 60-an, bahkan bukan hanya manusia, hewan dan tumbuhan pun terpengaruh oleh kekuatan musik ini. Pembentukan karakter yang ditimbulkan ini akan berbeda-beda pada tiap genrenya. Orang yang fanatik pada musik klasik karakternya cenderung pendiam, tidak banyak bicara namun cerdas. Musik dangdut akan membentuk karakter ceria, cuek dan berpikiran sederhana. Musik Reggae akan membentuk karakter orang yang santai dan senang keramaian/kebersamaan, dsb.

2. Faktor Lirik

Lirik sedikitnya berpengaruh pada psikologi manusia tapi tentunya dipengaruhi juga dengan aransemen dan pembawaan sang artis itu sendiri. Lirik yang bagus kadang tidak akan terasa bagus jika hanya berbentuk tulisan, tetapi ketika sudah dinyanyikan maknanya akan lebih mendalam dan kadang bisa membuat orang sampai menyucurkan air mata, menimbulkan semangat jiwa, rasa bangga, menggebu-gebu, marah dsb. Tapi faktor lirik ini lebih cenderung bersifat sementara.

3. Faktor Irama

Hal ini bisa dibilang adalah kebalikan dari poin 2. Sebuah lagu asing dengan lirik yang sedih, menyakitkan, sendu namun dibawakan dengan aransemen irama bersemangat dan bahagia akan menimbulkan efek bahagia dan semangat pada orang yang mendengarkannya (dengan catatan orang yang mendengarkan tidak mengetahui arti liriknya). Permasalahannya kalau yang mendengarkan ini tahu arti liriknya. Pada kasus ini bisa jadi bukan permasalahan pada lirik atau iramanya, tapi yang bermasalah adalah yang membuat musiknya.

Tips-tips mendengarkan musik yang baik dan benar versi holy universe:

  1. Sobat tidak tuli dan memiliki speaker atau headset. Faktanya tanpa dua hal ini musik tidak akan bisa didengarkan.
  2. Posisi sobat tidak jauh dari sumber musik. Kalau speaker di kamar, posisi sobat juga harus di kamar, jangan sampai sedang ada di halaman apalagi di rumah tetangga. 
  3. Hindari mendengarkan musik pada kondisi-kondisi tertentu, seperti saat sedang tidur. Karena saat tidur suara musik tidak akan terdengar dan hanya membuang-buang listrik. 
  4. Selektif dalam memilih lagu. Jangan sampai saat sobat baru diputisan dengar lagu-lagu yang sedih atau tentang perpisahan, karena sakitnya tuh dihati bukan ditelinga. Saat sedang diperjalanan dan dalam kondisi ngantuk hindari mendengarkan lagu-lagu melow. Bahaya!!
  5. Buatlah playlist untuk kegiatan-kegiatan tertentu. Seperti sayah contohkan di atas tadi. Saat sedang santai dengarkan lagu santai, saat sedang bekerja dengarkan lagu keras dan penuh semangat, saat sedang curhat gunakan lagu melow, dan saat sedang buang air gak usah pake musik.
  6. Sesuaikan volume suara dengan kondisi di TKP. Memaksimalkan volume suara saat sobat sedang menyelam, itu tidak apa-apa. Kecilkan volume jika sudah malam hari apalagi saat tengah malam, karena dikhawatirkan makhluk-makhluk astral akan ikut bergoyang. Intinya sih yang wajar saja.
  7. Usahakan sobat hapal lirik lagu yang sobat dengarkan. Karena mendengarkan musik sambil ikut bernyanyi itu akan menimbulkan kenikmatan tersendiri, asalkan jangan sambil makan ataupun minum.
  8. Dengarkan musik yang benar-benar sobat sukai, jangan terpengaruh pada apa kata orang. Musik itu menimbulkan kesan objektif pada setiap orang yang mendengarkannya, makanya kalau masalah musik, mau dibilang idealis pun tidak masalah. Yang terpenting sobat menikmati musiknya, walaupun itu lagu jadul atau sudah tidak jaman no problem, jangan malu dibilang kuno, ga punya selera atau sebagainya. "Ini bicara soal musik bro! bukan teknologi, style, tongsis ataupun yang lainnya".

Kesimpulan dan Pesan

Musik dalam game ataupun dalam kehidupan sama-sama memiliki pengaruh besar kepada individu yang mendengarkan. Musik dalam game bisa menghidupkan permainan begitu pula musik dalam kehidupan yang bisa menghidupkan suasana. Namun sobat harus selektif dalam memilih musik, karena musik juga kadang bisa berdampak negatif, seperti telah dijelaskan di atas.

Musik itu penting dan diperlukan dalam kehidupan. Oleh karena itu "pilihlah musik dengan lirik dan irama yang sesuai dengan tujuan sobat dan gapailah tujuan itu dengan musik sebagai pemicunya". Maka dengan begitu sayah yakin kehidupan sobat akan lebih baik, menarik dan menyenangkan.


   
Bagikan di:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat sobat yang mau kasih kritik, saran, curhat, komen dan lain-lain, dipersilahkan...

 

Sample text

Sample Text

Sample Text