Social Icons

Pages

Kamis, 10 Juli 2014

Ras/Bangsa


  • Musik Musik
Game RPG/MMORPG memiliki pengelompokan ras tersendiri begitu juga dalam dunia nyata. Perbedaanya adalah jika dalam game sobat bisa memilih rasnya sendiri sesuai keinginan tapi didunia nyata tidak. Tapi di dalam dunia nyata sobat bisa membuat "ras yang baru" lho ;p..

Khusus untuk pembahasan dalam posting ini sayah akan lebih serius membahas materinya, karena "nyenggol" kiri-kanan dikit saja sangat memungkinkan untuk menjadi SARA. Meskipun begitu semoga sobat tetap bisa enjoy untuk membacanya. Oke, agar tidak menyita banyak waktu sayah langsung saja menuju pembahasan.

Mengenai Ras. Apa yang menyebabkan ras selalu ada dalam game RPG/MMORPG, tidak lain juga mengadopsi dari kehidupan riil di dalam dunia ini. Hanya saja ras yang biasa terdapat dalam game memiliki literaturnya tersendiri, meskipun ras manusia itu sendiri terdapat di dalamnya.

Pengertian ras sendiri menurut para ahli merupakan suatu kategori individu yang memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu. Tidak disebutkan bahwa individu itu makhluk hidup atau makhluk lain, sehingga secara global makhluk halus seperti setan/uka-uka pun bisa dibilang suatu ras, begitu juga dengan malaikat. Bila dikaji lebih spesifik lagi di bumi/dunia ini memiliki tiga ras makhluk hidup yaitu Hewan, Tumbuhan dan Manusia. Tapi yang akan dibahas disini lebih spesifik lagi yaitu mengenai pengelompokan ras manusia.

Tapi sebelumnya sayah akan bahas terlebih dahulu mengenai ras-ras yang sering muncul dalam game RPG/MMORPG, cekidot bro!!


Ras Dalam Game

Kebanyakan dalam game-game RPG/MMORPG yang pertama dilakukan jika sobat akan memulai permainan adalah memilih ras. Ini biasanya juga dibarengi dengan job yang tersedia di masing-masing rasnya, namun sayah kesampingkan dulu masalah job.

Banyak pengelompokan ras di game-game RPG dan MMORPG, namun sayah hanya akan membahas beberapa ras yang sering muncul dalam game, diantaranya:

1. Ras Manusia (Human)

Ras yang satu ini bisa dibilang pasti ada dalam sebuah game, walaupun kadang istilahnya atau penyebutan namanya berbeda-beda. Literatur ras ini bisa jadi 100% mengambil dari kehidupan nyata, begitu juga dengan ciri-ciri umum dan sifat-sifatnya. Kebanyakan ras manusia dalam game fantasi digambarkan seperti peradaban orang-orang atlantis jaman dahulu yang maju pesat dalam segi teknologi, kebudayaan dan keahlian.
Ras manusia di game bigambarkan tidak memiliki kekuatan khusus dan juga kebanyakan memiliki stat dasar yang stabil/seimbang sehingga ras ini biasanya cocok dengan job apapun, meskipun kurang optimal. Namun kekuranganya itu bisa ditutupi dengan penggunaan armor dan senjata yang kuat, sehingga ras manusia juga bisa mengimbangi ras lainnya.
Kekuatan fisik ras manusia tidak begitu kuat, begitu juga dengan kekuatan spiritual atau magicnya. Kelebihan yang ditonjolkan pada ras manusia biasanya dari keahlian dan kemampuannya menggunakan berbagai macam jenis senjata.

Dilihat dari segi sifat biasanya ras manusia adalah ras yang penuh ketekunan, pekerja keras dan memiliki tekad yang kuat.

2. Ras Elf

Ras Elf diambil dari salah satu makhluk mitologi di Eropa, namun gambaran lebih detailnya lagi mengambil literatur dari karya J.R.R. Tolkien yang merupakan bapak dari genre fantasi modern. Beliau merupakan pengarang buku "The Lord of the Ring" yang kemudian menjadi film layar lebar yang melegenda dan sudah pasti sobat mengenalnya. Inilah cikal-bakal lahirnya game RPG/MMORPG di dunia. 

Dari segi fisik, ras elf digambarkan mirip dengan manusia namun memiliki ciri khas pada batang telinganya yang meruncing, bisa meruncing ke samping, ke atas, namun sangat jarang yang runcingnya ke bawah. Selain telinganya, ciri fisik yang lebih spesifik lagi adalah dari postur tubuhnya yang lebih langsing, memiliki kulit putih yang mulus semulus model, dan rambutnya yang lurus tipis dan lembut seperti habis creambath dan smoothing. Sepertinya elf sudah memiliki peradaban salon yang modern di daerahnya.
Ras elf biasanya memiliki kelebihan dalam kekuatan supranatural atau magicnya dan juga memiliki kecepatan dan akurasi yang tinggi. Karena kelebihan inilah biasanya job yang sering muncul atau cocok dengan ras ini merupakan job-job yang berbau magic seperti mage dan job-job yang mengandalkan kecepatan dan akurasi seperti archer, rogue dll.
Kekurangan elf terletak pada kekuatan fisiknya yang lemah dan pertahanan yang cupu, oleh karena itu dalam medan pertempuran sangat tidak cocok jika ditempatkan di garis depan.
Dari segi sifat biasanya ras elf merupakan ras yang pandai, berwibawa namun tertutup dan misterius.

3. Ras Orc

Mendengar nama Orc saja pasti ekspektasi sobat sudah menuju kearah semerawut, kekerasan atau lebih cenderung kearah yang negatif. Karena kenyataannya dalam game-game fantasi orc kebanyakan digambarkan seperti itu. Lagi-lagi ras orc ini adalah ras yang diadopsi dari karya J.R.R. Tolkien, dalam cerita beliau pun ras orc ini merupakan pendukung tokoh antagonis sehingga wajar jika digambarkan seperti itu.
Ciri-ciri fisik orc bertubuh besar dan berotot, berwajah seram seperti gorila, babi atau semacamnya. Giginya besar-besar kayak genderwo, apalagi gigi taringnya yang mencuat ke luar, sehingga inilah yang membuat ras ini menjadi susah mingkem -_-. Kulitnya juga ada yang merah, ungu, hijau, hitam, dll versinya bermacam-macam tergantung dari gamenya yang membuatnya. Meskipun versinya bermacam-macam, namun tipikalnya tidak akan berbeda jauh dari gambar di atas. 
Peradaban orc biasanya digambarkan masih kearah primitif atau jauh dari teknologi.
Orc notabene memiliki stat fisik yang besar, kekuatan fisiknya bisa dibilang tidak wajar, karena memang itulah yang diandalkan oleh bangsa Orc. Tidak ada yang bisa mengalahkan ras orc dari segi kekuatan fisik, namun sebaliknya tidak ada yang lebih bodoh dalam penggunaan magic selain orc. Bahkan dibeberapa game tertentu ras orc dibuat tidak mengenal magic.
Sifat orc digambarkan pemarah, kasar, dan tidak suka perdamaian.

4. Ras Dwarf

Ras dwarf terinspirasi dari bangsa viking jaman dahulu namun Lagi-lagi dan lagi detailnya tetap mengadopsi dari karya J.R.R. Tolkien yang memang digambarkan begitu mirip seperti deskripsi dwarf pada cerita beliau. Ras dwarf merupakan ras yang biasanya tinggal jauh dari keramaian atau dunia luar. Kehidupannya terisolir oleh tebing-tebing atau gunung-gunung dengan medan yang sulit dijangkau oleh sembarang makhluk dan biasanya juga dekat dengan daerah pertambangan.
Dwarf memiliki postur tubuh pendek (lebih pendek dari tiga ras di atas) namun berbadan kekar dan berotot, mungkin dipengaruhi oleh faktor geografisnya. Selain itu semua dwarf sepertinya memiliki brewok, barangkali disebabkan karena daerahnya tidak ada tukang cukur atau barbershop.

Sama seperti manusia, ras dwarf merupakan ras yang tidak memiliki kekuatan khusus namun mengandalkan keahlian. Ras dwarf adalah ras yang dikenal handal dalam membuat perlengkapan bertarung atau euipment. Kemampuan inilah yang menyebabkan ras ini lebih cocok memiliki job blacksmith. Jika bertarung dwarf lebih menonjolkan kekuatan fisiknya dan biasanya dwarf juga memiliki pertahanan fisik yang kuat. Namun yang menjadi kelemahannya adalah serangan magic. Dwarf lebih cocok menjadi tipe support daripada petarung langsung.
Dwarf digambarkan memiliki sifat yang ceria, suka bersenang-senang, lucu dan pandai meramaikan suasana.

Tips mengoptimalkan kekuatan ras dalam game:

  1. Mengetahui/sadar akan kelebihan dari ras yang dimainkan lalu selanjutnya terus memperkuat kelebihannya itu.
  2. Tidak memperkuat kelemahannya karena itu hanya akan mengurangi kelebihannya, untuk mengantisipasi kelemahannya gunakanlah faktor luar seperti armor, item/potion, amulet, paket support, strategi menyerang dll.
  3. Konsisten dalam menggunakan skill, char yang hebat bukan char yang memiliki banyak skill tapi hanya memiliki sedikit skill namun mematikan.

 

Ras Dalam Kehidupan

Seperti yang tadi telah disebutkan di atas, ras dalam kehidupan nyata yang akan sayah bahas adalah pengelompokan ras-ras manusia secara umum. Secara umum Ras adalah pengelompokan berdasarkan ciri biologis, bukan berdasarkan cirri-ciri sosiokultural. Dengan kata lain, ras berati segolongan penduduk suatu daerah yang mempunyai sifat-sifat keturunan tertentu berbeda dengan penduduk daerah lain.

A.L. Krober membagi ras di dunia menjadi beberapa kelompok dan sub kelompok, diantaranya:

1. Ras Mongoloid

Ras mongoloid sering juga disebut ras kulit kuning, walaupun kenyataan tidak semuanya berkulit kuning. Seperti orang-orang indian yang berkulit merah, atau orang-orang asia tenggara seperti kita yang berkulit coklat muda hingga coklat tua, namun tetap termasuk dalam ras mongoloid.
Daerah asal dari ras mongoloid ini diantaranya sebagian besar terdapat di asia, mulai dari Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Utara, beberapa diantaranya juga terdapat di India Timur Laut, ada juga di daerah benua lain seperti di wilayah Eropa Utara, Madagaskar Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oseania.
Ciri khas utama ras ini ialah rambut berwarna hitam lurus, terdapat bercak mongol pada saat lahir dan lipatan pada mata yang seringkali disebut mata sipit. Selain itu anggota ras manusia ini seringkali memiliki postur tubuh lebih kecil dan pendek daripada ras Kaukasoid.

2. Ras Negroid

Ras Negroid atau juga disebut ras kulit hitam kebanyakan berasal dari Benua Afrika, namun sekarang sudah banyak yang mendiami wilayah Amerika, Eropa dan juga Timur Tengah.


Ciri khas ras negroid ini ialah kulit yang berwarna hitam dan rambut keriting.

3. Ras Kaukasoid

Ras Kaukasoid adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India Utara. Keturunan mereka juga menetap di Australia, Amerika Utara, sebagian dari Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Selandia Baru.
Ciri-ciri khas ras kaukasoid diantaranya, memiliki hidung mancung, berkulit putih, rambut pirang hingga kecokelatan, dan bermata lurus.


Kesimpulan dan Pesan

Seperti yang kita tahu bahwa ras pada game bukan hanya berbeda dari segi fisik, namun juga terdapat perbedaan pada kemampuan dan keahliannya. Jika sobat sering bermain game mungkin akan mengetahui bahwa perbedaan ras terkadang tidak mempengaruhi kemampuan untuk bersaing. Tidak ada yang lemah dan tidak ada yang kuat, semua ras bisa saling mengalahkan satu sama lain asalkan tahu cara tips dan caranya.

Begitu pula dalam kehidupan nyata, ras yang ada di dunia ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun mengapa ada bangsa yang kuat/maju dan ada bangsa yang lemah/ terbelakang?

Menurut sayah itu sama sekali tidak dipengaruhi oleh faktor ras, karena pada kenyataanya kita sama-sama diberi waktu 24 jam sehari, kita sama-sama dalam keadaan merdeka (tidak terjajah), kita sama-sama memiliki akal dan pikiran, tapi mengapa keadaanya bisa berbeda?

Barangkali jawabanya ada pada "waktu, mindset dan konsistensi tekad".
"Seberapa optimal waktu yang sudah dipergunakan untuk hal-hal yang bermanfaat?"
"Seberapa ampuh mindset yang diterapkan dalam kehidupan?"
"Seberapa kuat tekad dalam diri dan hingga berapa lama bisa bertahan?"
Hanya sobat yang benar-benar mengetahui jawabannya...


Konklusinya adalah "Apapun akan terlihat lemah ketika tidak ada kelebihan dan keistimewaan yang bisa ditonjolkan".



~ Bersambung ~


Bagikan di:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat sobat yang mau kasih kritik, saran, curhat, komen dan lain-lain, dipersilahkan...

 

Sample text

Sample Text

Sample Text