Social Icons

Pages

Rabu, 04 Juni 2014

Judul


  • Musik Musik

Apa itu judul? Judul yaitu pokok dari suatu bahasan/isi. Nah kayak artikel ini yang judulnya "Judul". Lalu, kalau pertanyaanya "haruskah ada judul atau pentingkah judul itu?"(terutama kaitannya dengan game dan kehidupan).

"Apalah arti sebuah nama?" mungkin sobat pernah mendengar ungkapan itu, itu adalah sebuah ungkapan yang dikemukakan oleh William Shakespeare, seorang pujangga asal Inggris yang hidup pada abad ke 16. Tapi berhubung yang akan sayah bahas disini adalah "judul", makanya kita abaikan saja ungkapan tentang "nama" itu. 

Tapi kalau diantara sobat ada yang beranggapan jika "judul" dan "nama" itu adalah sesuatu hal yang sama, itu silakan saja,  saya tetap tidak setuju. 
Alasannya simpel...
" Judul itu harus ada hubungannya dengan isi, sedangkan nama tidak perlu" 
Misalnya :
  • Sobat punya anak perempuan terus dikasi nama "Joko". Nah,  kalau ada yang nanya kenapa anak perempuan dikasi nama joko, tinggal bilang "pengen aja", dan kalau ada yang tanya arti nama Joko itu apa? tinggal jawab "ga ada arti apa-apa kok". Tentu saja dengan sobat menjawab seperti itu, selesai sudah urusan, karena yang dibicarakan adalah "Nama".
  • Lain halnya jika bicara soal judul. Misal, sobat bikin sebuah artikel lalu diberi judul "Pencabulan seorang anak", tapi di dalam isinya ternyata yang dicabuli itu seekor kucing. Nah, ini jelas jadi masalah, pasti yang baca artikelnya juga akan bilang "Gob...." atau bahasa-bahasa binatang ke yang bikin artikel. Mungkin judul yang cocok seharusnya "Pencabulan seekor anak kucing", karena yang dibicarakan dalam kasus ini adalah "judul".
Sobat ngerti kan sekarang? Kalau masih gak ngerti juga sayah sarankan baca terus berkali-kali sampai sobat ngerti, terutama 2 poin di atas. Itu saja sih...
Tapi ingat "Cuma Dibaca!! Just Reading!!"
Bahaya juga kalo sampai ada yang cabulin anak kucing gara-gara baca artikel ini -_-.

Jadi bisa dibilang judul itu bisa menjadi sebuah nama, tapi nama belum tentu adalah sebuah judul.

Sekarang sayah akan langsung bahas soal inti permasalahannya. Karena ini adalah blog soal game dan kehidupan, maka tentu saja hanya akan di bahas soal "Judul Dalam Game" dan "Judul Dalam Kehidupan"

Judul Dalam Game

Judul itu sebenarnya penting di dalam sebuah game, hanya saja kebanyakan dari sobat mungkin tidak begitu menghiraukannya. Wajar saja, karena sebuah judul yang menarik belum tentu game-nya juga menarik. Sedangkan sobat sebagai gamer membutuhkan game yang menarik dan seru, bukan judul yang menarik atau keren. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan para pembuat game memberikan judul yang singkat dan mudah diingat pada game yang dibuatnya, bahkan sebagian dari mereka justru hanya menonjolkan inisial judul game-nya saja, seperti RF, Dota, Hon, PB, Domo dkk. Walaupun efek negatifnya tidak semua orang yang memainkan tahu artinya, namun masih lebih baik daripada harus mengalami penyingkatan judul secara terpaksa.

Fenomona BPJ

"Penyingkatan judul" inilah salah satu fenomena dalam dunia game online. Budaya Penyingkatan Judul atau sayah singkat BPJ, adalah budaya yang kerap terjadi dan masih membudaya sampai sekarang ini. Mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga sobat mendengar kata RO, PW, CS, DN, ROM dsb, ini adalah bukti kekejaman dari BPJ itu sendiri. Jelas-jelas di sini yang membuat game tidak bermaksud untuk menyingkat judul gamenya, tapi karena kebanyakan sifat atau karakter gamer itu praktis, cuek dan simpel, sehingga timbulah BPJ ini.

Tapi tetap saja sayah tidak setuju dengan adanya BPJ ini, karena bisa dibilang merusak estetika dan kurang beretika.
Kenapa merusak estetika?
Judul itu dibuat seindah mungkin, sekeren mungkin oleh para pembuat game, seperti judul Granado Espada, "Granado Espada ini judul yang keren lho, kenapa harus disingkat jadi GE? kenapa ga sekalian aja EE? Terus bagaimana dengan judul game Bounty Hounds!? masa mau disingkat jadi BH!? itu kan pakaian dalam perempuan!!"
Intinya, penyingkatan judul itu kan tidak selamanya baik dan kadang merusak estetika, sobat juga gak mau kan kalau misal punya anak namanya "Tony Andreas Ivanof"  tapi tiba-tiba orang panggil dia dengan sebutan "TAI"?
Kenapa kurang beretika?
Etika di sini maksudnya adalah ketika ada suatu judul game yang sobat singkat, maka kemudian akan ada judul game lain yang dirugikan karena singkatannya sudah diambil oleh game yang duluan rilis. Sebagai contoh, pada kasus singkatan Ragnarok Online yang disingkat menjadi (RO), lalu bagaimana nasibnya dengan Rohan Online dan RAN Online? Masa mau dibilang RO juga? jadi ada 3 RO dong?
Kesimpulannya, sayah tidak melarang adanya BPJ ini, sayah hanya kurang suka dan tidak setuju.

Fungsi Judul Dalam Game

Tadi saya sebutkan di atas bahwa judul dalam game itu penting. Namun kenyataanya kebanyakan dari sobat mungkin tidak menganggap itu penting. Sobat menganggapnya tidak terlalu penting mungkin karena tidak terlalu tahu fungsi dari Judul itu. Berikut ini adalah beberapa fungsi judul dalam game:
  1. Sebagai Nama/Sebutan : Bayangkan kalau sebuah game tidak ada namanya. Ketika sobat mengajak teman, pasti yang akan dikatakan adalah "Bro, main game anu yuk".  Kan aneh? apalagi kalau teman sobat ini sesama jenis dan disebelahnya kebetulan ada orang yang mendengar, apa gak dikira "anu"?
  2. Sebagai Identitas : Artinya, judul game itu tidak dibuat sembarangan dan asal-asalan, melainkan mengandung makna atau inti sari dari latar belakang ceritanya. Hal Inilah yang mungkin kebanyakan sobat lupakan, mayoritas para gamer hanya tahu teknis bermainya saja seperti hunting, quest, skill, upgrade, jual, beli, dsb. Tapi mereka melupakan latar belakang gamenya, bisa dibilang mereka tidak tahu sedang berada dimana, tidak tahu karakternya itu berperan sebagai apa dan berasal darimana, tidak tahu apa tujuan musuh-musuhnya dan berasal darimana, tidak tahu apa tujuan akhir gamenya. Karena sayah bisa jamin semua game MMORPG didunia ini pasti ada latar belakang ceritanya (story). Berikut saya beri link ringkasan story dari beberapa game MMORPG: RAN Online, Dragon Nest, Forsaken World, Atlantica. Kebanyakan judul-judul game ini diambil dari nama sebuah dunia fiktif yang dibuat oleh si pembuat game seperti, Rohan, Dekaron, Ragnarok, RAN dll.
  3. Sebagai Penambah Taste/rasa : Poin ini sangat berhubungan erat dengan 2 poin sebelumnya. Taste itu penting dalam bermain game, untuk itu sebuah game perlu dibuat dengan semaksimal mungkin agar para pemainnya bisa merasakan atau seperti benar-benar ikut masuk dan terlibat di dalam dunia game tersebut. Hubungannya dengan poin nomor 1 maksudnya taste bermain game akan berkurang jika sebuah nama game tidak sesuai atau sinkron dengan gamenya. Contohnya: Sobat main game judulnya Ayodance, tapi ternyata gamenya tentang perang seperti PB atau Cross Fire, ini pastilah akan mengurangi taste dalam bermain game, "ini game Ayodance apa Ayowar sih?". Dan hubungannya dengan poin nomor 2 sudah jelas, intinya game itu akan terasa lebih seru jika kita tahu latar belakang dunianya dan kita mengetahui siapa karakter kita dan berperan sebagai apa, lalu yang terpenting kita tahu tujuan akhir yang akan dicapai.

Judul Dalam Kehidupan


Referensi : Yulgang & Lost Saga

Sobat pasti tahu kalau orang yang hobinya bisa menjadi pekerjaan itu adalah orang yang paling beruntung. Tapi kenyataanya di Indonesia hal ini sangat minim, kebanyakan orang-orang bekerja tidak berdasarkan apa yang mereka inginkan dan kadang tidak sesuai sama sekali dari apa yang dibayangkan. Awalnya cita-cita ingin jadi arsitek, tapi kemudian dia kuliah jurusan ekonomi namun akhirnya bekerja di klinik kesehatan. Hal ini sudah lumrah di Indonesia, dan alasannya klise kalau tidak tuntutan orang tua pastilah keadaan ekonomi yang mendesak. Atau mungkin sobat juga termasuk didalamnya?

Padahal yah padahal "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali mereka sendiri yang merubahnya" (Ar-ra'd:11). Jadi bukan masalah alasannya apa, tapi keinginan untuk mengubahnya seperti apa? seberapa banyak resiko yang diambil untuk memperjuangkannya? dan sudah sebanyak apa pengorbanan yang dilakukan untuk meraihnya?

Lalu apa hubungannya dengan judul? 

Jelas sangat berhubungan, dari apa yang sayah paparkan diatas, bisa disimpulkan bahwa mereka hanya memberi "nama" pada cita-cita atau mimpi mereka  tapi bukan menjadikanya sebagai "Judul". Ujung-ujungnya terjerumus pada kehidupan yang monoton dan berkepanjangan, yang penting bisa makan dan sekolahkan anak. Tapi kan kalau bisa berbuat lebih kenapa tidak?

Fungsi Judul Dalam Kehidupan

Sebenarnya banyak sekali fungsi judul jika dikaitkan dengan kehidupan, tapi sayah hanya akan membahas secara umum yang dianggap terpenting atau vital, diantaranya:
  1. Sebagai tujuan akhir : Karena kehidupan itu tidak akan semulus yang diinginkan, untuk itu diperlukan judul dalam kehidupan agar kalaupun jalan yang dilalui berkelok-kelok tetap memiliki tujuan akhir yang mantap.
  2. Sebagai batasan dan pertimbangan dalam mengambil keputusan : Seperti pada poin 1 hidup itu tidak akan mulus dan mudah apalagi kalau memiliki tujuan, dengan adanya judul maka akan jelas tujuannya dan dapat membatasi ruang gerak agar walaupun keadaanya harus melenceng tapi bisa diusahakan tidak terlalu jauh melenceng, misalnya ingin menjadi desainer grafis, tapi tidak ada uang untuk kuliah, maka carilah pekerjaan yang berhubungan dengan komputer dan internet dan disana sobat bisa bekerja dan menyempatkan diri untuk belajar. Contoh lain yang nyata adalah jaman sekarang ini tidak sedikit pengamen yang sekarang sudah menjadi artis.
  3. Sebagai pemicu dan motivasi : Sobat yang memiliki kendaraan dan bensin akan bingung jika disuruh jalan kalau tidak memiliki judul, tapi sobat yang hanya memiliki kaki untuk berjalan akan mantap berjalan walaupun jauh karena memiliki judul atau tujuan. Karena dalam judul itu sobat adalah sebagai pemeran utama, makanya ini bisa menjadi hasrat dan alasan yang kuat untuk memicu dan memotivasi diri.

Kesimpulan dan Pesan

Game yang baik adalah game yang memiliki judul, dan kehidupan yang baik adalah kehidupan yang memiliki judul.  Dengan adanya judul kita memiliki tujuan, dengan adanya judul kita memiliki arah.

Sisi positif yang coba sayah sampaikan disini adalah suatu tujuan dalam menjalani hidup itu sangat penting dan langkah awalnya bisa dimulai dari niat lalu kemudian ditambah dengan memberikan sebuah judul pada kehidupan yang sobat jalani, maka mudah-mudahan ini bisa menjadi dasar untuk perubahan kearah yang lebih baik. "Berilah judul yang positif dan berkomitmenlah pada judul itu!"


Bagikan di:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat sobat yang mau kasih kritik, saran, curhat, komen dan lain-lain, dipersilahkan...

 

Sample text

Sample Text

Sample Text